Melatih Siswa Membuat Animasi Pembelajaran Melalui Aplikasi PowerPoint Guna Meningkatkan Daya Serap Belajar Mahasiswa

Memasuki era Masyarakat Ekonomi Asean (MEA) maka tantangan yang dihadapi oleh bangsa Indonesia tidak hanya bersifat internal di dalam negeri tetapi juga dengan negara sesama ASEAN dan negara lain di luar ASEAN seperti China dan India, terutama dalam persaingan kesiapan dari sumber daya manusia (SDM). Kualitas SDM yang dimiliki bangsa Indonesia menjadi persoalan utama yang harus diselesaikan secara bersama, karena jika tidak maka bangsa yang besar ini pun terancam hanya akan menjadi penonton di saat bangsa lain menikmati manfaat dari datangnya era globalisasi.

Ada banyak faktor yang menentukan kualitas SDM suatu bangsa, salah satunya adalah faktor pendidikan. Menghadapi tantangan datangnya era MEA ini, seiring dengan perkembangan di bidang teknologi, bidang industri, dan terutama di bidang informasi yang sering dikenal dengan istilah Information Communication Technologh (ICT) atau Teknologi Informasi Komunikasi, maka dunia pendidikan membutuhkan pengelolaan yang tepat sehingga mampu menghasilkan lulusan pendidikan yang berkualitas.

Kemajuan Teknologi Informasi Komunikasi (TIK) menuntut guru atau dosen untuk dapat menggunakan dan memanfaatkannya, dan tidak hanya itu para peserta didikpun dari sejak dini juga sudah harus diperkenalkan dan menguasai TIK terutama dalam menggunakan aplikasi-aplikasi komputer dalam proses pembelajaran di sekolah-sekolah baik itu di tingkat menengah maupun tingkat dasar. Dengan demikian diharapkan kualitas lulusan pendidikan di indonesia menjadi jauh lebih baik yang sesuai dengan tuntutan zaman, yang pada akhirnya berujung pada kualitas SDM bangsa Indonesia sendiri.

Namun demikian siswa tidak hanya diperkenalkan dan diajarkan cara menggunakan aplikasi-aplikasi komputer akan tetapi juga diharapkan siswa dapat menggunakannya dalam proses pembelajaran terhadap berbagai mata pelajaran disekolah. Sehingga selain siswa mampu menguasai aplikasi komputer siswa juga mampu menerapkan aplikasi komputer itu untuk memahami berbagai mata pelajaran yang diajarkan disekolah, dengan demikian  pemahaman atau daya serap siswa terhadap mata pelajaran menjadi lebih baik.

Lalu bagaimana salah satu cara memperkenalkan dan mengajarkan aplikasi komputer kepada siswa di sekolah sekaligus meningkatkan daya serap siswa terhadap materi pelajaran yang diajarkan, silahkan disimak selanjutnya tulisan dalam bentuk kajian penelitian berupa kajian teori dengan klik disini atau pada judul ini.


by roel

Terimakasih untuk kunjungannya...
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar:

Post a Comment