Kecerdasan dan Kerja Untuk Hal Bermanfaat


Andai saja dulu George Moole seorang matematikawan dari keluarga miskin itu, tidak menemukan dan mengungkapkan penemuannya; Aljabar Boolean, maka mungkin manusia tidak akan mengenal istilah teknologi informasi. Lantaran sang ahli inilah maka manusia dapat mewujudkan sebuah mesin komputer yang dapat mengerjakan pekerjaan komputasi, yaitu sebuah alat yang membantu manusia memudahkan pekerjaan mengelola data menjadi informasi, dan mengirimkan data/informasi itu dengan sangat cepat, akurat tanpa adanya kesalahan dari satu tempat ke tempat lain di berbagai belahan dunia.
Kecerdasan yang dimiliki George Moole dengan penemuannya ini, bukanlah kecerdasan linguistik yang hanya pandai berlogika dengan kata-kata seperti ahli filsafat yang saat ini sedang lagi digandrungi sebagian orang di negeri ini. Kecerdasan seorang Moole, dapat ia wujudkan dan ditunjukkan untuk hal yang berguna dengan merumuskan hubungan yang terdapat di dalam logika matematika menjadi simbol-simbol yang sangat sederhana.
Sakelar-sakelar atau gerbang logika Boolean-lah yang memperlihatkan adanya kesamaan dalam aljabar atau ilmu hitung manusia pada bilangan berbasis dua atau bilangan biner yang hanya terdiri dari 0 dan 1, atau dalam aliran listrik yang dikenal dengan on dan off. Kesamaan inilah yang digunakan untuk menterjemahkan bagaimana manusia berlogika atau berhitung ke dalam mesin-mesin yang dialiri listrik.
Pada akhirnya penemuan George Moole terus dikembangkan dengan memadukan penemuan lain oleh para ahli manusia-manusia cerdas berikutnya, yang selalu diwujudkan dengan kerja keras, bukan yang hanya mampu beretorika mengolah kata tiada habisnya. Sejarah mencatat berbagai penemuan berikutnya untuk menerapakan kerja saklar boolean, mulai dari tabung vakum, transistor, hingga IC/chip yang dikenal sekarang, sehingga mampu merubah ukuran komputer yang dulunya sebesar rumah menjadi sebesar korek api.
Kerja keras dari orang-orang cerdas inilah, yang pada akhirnya mampu mewujudkan hal-hal yang bermanfaat dan dapat dinikmati oleh orang-orang di zaman now. Andai saja bukan karena lantaran orang-orang yang berakal sehat dan mau bekerja keras mewujudkan kecerdasan berpikir mereka, maka tulisan ini tidak akan ada di layar komputer atau layar hp yang sedang dilihat sekarang…..
Wallahu A’lam…..

by roel

Terimakasih untuk kunjungannya...
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar:

Post a Comment