Pemanfaatan Software Aplikasi ActiveInspire Untuk Melukis Objek Gambar Matematika

Saat ini banyak sekali software aplikasi komputer yang beredar yang dapat digunakan dalam proses pembelajaran matematika, diantaranya pembelajaran yang berhubungan dengan geometri, yang salah satunya adalah aplikasi komputer untuk membuat/melukis bangun datar atau ruang. Namun demikian dari sekian banya aplikasi komputer semacam ini, kebanyakan software langsung melukis atau menggambar objek-objek matematika tanpa adanya fitur/fasilitas penggunaan alat peraga matematika seperti mistar, busur, jangka dan lainnya.

Pada pelajaran geometri sesungguhnya, siswa diajarkan untuk menggambar atau melukis beberapa objek matematika seperti garis, bangun datar ataupun bangun ruang, menggunakan alat peraga matematika berupa penggaris, pensil, penghapus, jangka, busur derajat, dan sebagainya.

Menurut Bobango (1993: 148) tujuan dari pembelajaran geometri adalah agar siswa ; (1) memperoleh rasa percaya diri pada kemampuan matematikanya, (2) Menjadi pemecah masalah yang baik, (3) Dapat berkomunikasi secara matematik, (4) Dapat bernalar secara matematik

Pelajaran geometri mempunyai peluang yang lebih besar untuk dipahami siswa dibandingkan dengan cabang matematika yang lain. Hal ini karena sebelum masuk sekolah anak-anak sudah sangat mengenal ide-ide geometri, misalnya garis, bidang, dan ruang. Namun demikian ternyata berdasarkan bukti-bukti di lapangan menunjukkan bahwa hasil belajar siswa untuk pelajaran geometri masih dirasa rendah dan perlu ditingkatkan. Bahkan, diantara cabang matematika, geometri menempati posisi yang paling memprihatinkan. Bukti empiris di lapangan menunjukkan bahwa masih banyak siswa yang mengalami kesulitan dalam belajar geometri, mulai tingkat dasar sampai Perguruan Tinggi. Berbagai penelitian menunjukkan bahwa prestasi geometri siswa di SD masih rendah.

Temuan hasil identifikasi berdasarkan aspek pelaksanaan KBM Matematika SMP salah satunya adalah “siswa kesulitan dalam menggambar geometri dan menggunakan alat pembelajaran matematika seperti penggaris, jangka, kalkulator dan busur” (Depdiknas, 2007; Surya 2011)

Dengan demikian penggunaan aplikasi komputer atau multimedia bagi siswa sekolah dasar atau menengah untuk pembelajaran matematika cabang geometri khususnya pada pelajaran melukis objek matematika, dimana didalam aplikasi komputernya tidak dilengkapi dengan fasilitas alat matematika, menjadikan siswa tidak paham bagaimana melukis objek matematika dengan menggunakan mistar, busur, jangka dan sebagainya secara benar. Penggunaan aplikasi komputer yang tidak tepat, justru menjadikan konsep matematika menjadi kabur bahkan tidak tertanam pada siswa.


Penelitian berupa kajian teori telah saya susun untuk  menentukan software aplikasi komputer yang tepat untuk digunakan dalam pembelajaran matematika pada cabang geometri khususnya untuk melukis objek matematika dengan tetap memperkenalkan alat matemaika pada fitur aplikasinya, selanjutnya dapat dilihat dengan klik disini atau pada judul berikut;

by roel

Terimakasih untuk kunjungannya...
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar:

Post a Comment