Logika



logika adalah suatu pertimbangan akal atau pikiran yang diutarakan lewat kata dan dinyatakan dalam bahasa. Sebagai ilmu, logika disebut logike episteme atau dalam bahasa Latin disebut logica scientia yang berarti ilmu logika, namun sekarang ini lazim disebut logika saja.

Ilmu logika adalah ilmu tentang cara berpikir yang logis dan benar berdasarkan “rumus-rumus” berlogika yang telah teruji kebenarannya sejak jaman Yunani hingga kapanpun, karena bersifat objektif, rasional dan faktual. Serta, lebih banyak benarnya daripada salahnya.

Logika sangat bermanfaat untuk meningkatkan kemampuan manusia berpikir rasional, kritis, lurus, tepat, tertib, metodis dan koheren. Di samping itu juga berguna untuk meningkatkan kemampuan berpikir secara abstrak, cermat, dan objektif. Sebagaimana yang dikemukakan oleh Bapak Logika, Aristoteles, logika benar-benar merupakan alat bagi seluruh ilmu pengetahuan.

Sebagai mahluk Allah yang diciptakan  yang paling sempurna dari mahluk lain, manusia dilengkapi dengan akal agar mampu berlogika dengan baik. Namun jangan membandingkan akal dan Wahyu Allah, karena keduanya saling melengkapi. Wahyu Allah adalah petunjuk dan akal adalah alat untuk memahaminya.

***dikutip dari berbagai sumber.

by roel

Terimakasih untuk kunjungannya...
    Blogger Comment
    Facebook Comment