Metode Pembelajaran Ekspositori

Untuk materi  pembelajaran yang sebelumnya belum pernah sama sekali dikenal atau diketahui oleh siswa atau mahasiswa, maka ada baiknya dalam pembelajaran menggunakan metode pembelajaran tertentu untuk menjelaskan tentang defenisi, prinsip dan konsep materi pelajaran yang akan disampaikan.  Hal ini penting  untuk menyamakan persepsi mengenai pengertian atau defenisi dari berbagai materi perkuliahan yang diajarkan, terutama di awal-awal pembelajaran atau awal perkuliahan, sehingga selanjutnya siswa atau mahasiswa  dapat mengikuti pembelajaran atau perkuliahan dengan baik tanpa ada salah pengertian. Metode pembelajaran yang dapat digunakan untuk hal ini adalah metode pembelajran ekspositori.

Metode ekspositori adalah metode pembelajaran untuk memberikan keterangan terlebih dahulu dari beberapa definisi, prinsip dan konsep materi pelajaran yang disertai dengan  memberikan contoh-contoh latihan pemecahan masalah dalam bentuk ceramah, demonstrasi, tanya jawab dan penugasan. Siswa mengikuti pola yang ditetapkan oleh guru secara cermat.

Penggunaan metode ekspositori merupakan metode pembelajaran mengarah kepada tersampainya isi pelajaran kepada siswa secara langsung, dengan menggabungkan metode-metode pembelajaran lainnya seperti yang dijelaskan diatas yaitu; ceramah, demonstrasi, tanya jawab dan penugasan.

Salah satu kelebihan dari metode ini seperti yang dijelaskan sebelumnya bagi siswa yaitu untuk menyamakan persepsi bagi siswa atau mahasiswa tanpa perlu menghabiskan waktu banyak, dikarenakan siswa tidak perlu mencari dan menemukan sendiri fakta-fakta, konsep dan prinsip dari materi pelajaran, karena secara jelas disampaikan oleh guru atau dosen.

Namun kelemahan metode ini seperti halnya metode ceramah, karena metode pembelajaran ini juga  cenderung berpusat kepada guru. Guru aktif memberikan penjelasan atau informasi pembelajaran secara terperinci tentang materi pembelajaran sehingga metode ekspositori sering dianalogikan dengan metode ceramah.

Langkah-langkah pembelajaran dengan metode ekspositori, yaitu:
Persiapan, beberapa hal yang harus dilakukan dalam langkah persiapan di antaranya adalah:
-  Memberikan sugesti yang positif dan hindari sugesti yang negative
-  Memulai  dengan mengemukakan tujuan yang harus dicapai

Penyajian ,  adalah langkah penyampaian materi pelajaran sesuai dengan persiapan yang telah dilakukan. Dalam penyajian perlu dipikirkan bagaimana agar materi pelajaran dapat dengan mudah ditangkap dan dipahami oleh siswa, beberapa hal yang perlu diperhatikan yaitu:  penggunaan bahasa,  intonasi suara, menjaga kontak mata dengan siswa, dan menggunakan trik-trik yang menyenagkan


Korelasi, adalah langkah menghubungkan materi pelajaran dengan pengalaman siswa atau dengan hal-hal lain yang memungkinkan siswa dapat menangkap keterkaitannya dalam struktur pengetahuan yang telah dimilikinya. Langkah korelasi dilakukan untuk memberikan makna terhadap materi pelajaran, baik makna untuk memperbaiki struktur pengetahuan yang telah dimilikinya maupun makna untuk meningkatkan kualitas kemampuan berpikir dan kemampuan motorik siswa.

Menyimpulkan, merupakan  memahami inti  dari materi pelajaran yang telah disajikan. Langkah menyimpulkan merupakan langkah yang sangat penting , agar siswa dapat mengambil inti sari dari apa yang telah disajikan.

Mengaplikasikan, adalah langkah unjuk kemampuan siswa setelah mereka menyimak penjelasan guru. Langkah ini juga merupakan langkah penting dalam proses pembelajaran ekspositori, untuk dapat mengumpulkan informasi tentang penguasaan dan pemahaman materi pelajaran oleh siswa, melalui;
        -  pembuatan tugas yang relevan dengan materi yang telah disajikan,
        -  pemberian tes yang sesuai dengan materi pelajaran yang telah disajikan.

by roel

Terimakasih untuk kunjungannya...
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar:

Post a Comment