Pemilihan Software Bahasa Pemrograman Untuk Mahasiswa Non Komputer

Ketika mendengar kata pemrograman komputer,  orang akan selalu menghubungkannya dengan komputer dan software.  Tidak heran jika mendengar kata “Belajar Pemrograman Komputer” maka sebagian orang berpikir bahwa ini adalah  belajar tentang software atau belajar membuat program komputer atau lebih sederhananya lagi adalah belajar komputer. Pemikiran seperti ini tidaklah salah, tapi tidak dapat dibenarkan jika berpikir bahwa belajar pemrograman hanya berhubungan dengan komputer atau software


Memang bila kita lihat pendapat dari beberapa ahli  tentang pengertian Pemrograman Komputer, sebagian dari mereka mendefinisikan bahwa Pemrograman Komputer adalah kegiatan membuat program komputer dengan menggunakan software bahasa pemrograman, namun bukan berarti bahwa ketika seseorang belajar pemrograman komputer, maka orang tersebut  hanya belajar tentang software atau komputer saja.

Belajar pemrograman  sesungguhnya adalah belajar bagaimana memecahkan masalah. Seseorang yang belajar pemrograman dituntut untuk dapat menyelesaikan permasalahan secara tersusun, sistematis dan terpadu sebelum pemecahan masalah tersebut dituangkan dalam bentuk program komputer.

Permasalahan-permasalahan yang dapat diselesaikan dengan komputer, maka penyelesaian permasalahan tersebut terlebih dahulu disusun urutan langkah-langkah penyelesaiannya dengan menggunakan bahasa yang sederhana, bahasa manusia. Setelah itu barulah urutan langkah-langkah itu diubah kedalam bahasa pemrograman (software bahasa pemrograman tertentu).

Software bahasa pemrograman berfungsi sebagai alat, agar langkah-langkah yang telah disusun dalam bahasa pemrograman dapat diterjemahkan kedalam bahasa mesin komputer, untuk selanjutnya dilaksanakan atau dikerjakan oleh komputer. Ada ratusan software bahasa pemrograman tersedia yang bisa digunakan untuk belajar membuat program komputer, mulai dari yang sederhana, biasa atau sampai yang banyak memiliki fasilitas yang lengkap. Tinggal dipilih !  

Didalam belajar pemrograman komputer, software bahasa pemrograman memang penting untuk dipelajari, tapi jauh lebih penting lagi bagaimana membuat urutan langkah-langkah penyelesaian masalah, dimana langkah-langkah penyelesaiannya harus dibuat secara logis dan disusun secara logis pula, karena selanjutnya komputerlah yang akan melaksanakan langkah-langkah penyelesaian tersebut, dan kita sudah sangat paham bahwa komputer begitu identik dengan logika.

Buat sebagian pemula atau yang baru belajar pemrograman, maka membuat urutan langkah-langkah penyelesaian secara logis bukanlah perkara yang gampang, karena apa yang dianggap manusia logis ternyata kadang-kadang sangat tidak logis buat komputer. Perlu konsentrasi dan latihan terus-menerus agar mahir membuat langkah-langkah penyelesaian logis.

Dengan demikian buat mahasiswa pemula terlebih lagi yang bukan dari studi komputer maka sebaiknya mereka jangan dipersulit lagi dengan harus menggunakan software bahasa pemrograman yang rumit. Beban mereka menjadi bertambah ketika mereka harus belajar  bagaimana menggunakan fitur-fitur software yang terlalu banyak dan membingungkan, belajar berbagai fasilitas-fasilitas pemrograman yang belum begitu penting untuk dipelajari, dan lain sebagainya. Alangkah baiknya software bahasa pemrograman yang digunakan adalah yang software bahasa pemrograman yang sederhana dan mudah dipelajari. Biarkanlah mereka terlebih dahulu paham dan mahir membuat langkah-langkah penyelesaian masalah yang logis.

Ibarat seseorang yang baru belajar tentang banyak resep makanan, maka biarkanlah ia focus untuk belajar meramu masakannya, dan jangan lagi ia harus dipusingkan dan disibukkan untuk belajar bagaimana menggunakan berbagai peralatan memasak yang canggih yang sulit untuk dipelajari. Gunakan saja peralatan memasak yang sederhana saja sehingga ia lebih focus belajar memasak ketimbang belajar menggunakan peralatan memasak, tapi jangan juga untuk menggunakan peralatan memasak zaman batu…. 

Berkenaan dengan ini berikut penelitian saya yang berjudul;

Penelitian berupa kajian teori, bagi yang berminat ingin melihatnya lebih jauh bisa diunduh dengan meng-klik judul diatas atau disini...   

Palembang, 23 Desember 2016

by roel

Terimakasih untuk kunjungannya...
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar:

Post a Comment