Mengapa Fesbuk

Begitu banyak orang yang menggandrungin face book sekarang ini, bukannya tanpa alasan namun justru sebaliknya, begitu banyak alasan mengapa banyak orang yang menyukai situs ini.
Sebetulnya ada beberapa situs lain yang serupa dengan face book, namun karena saya telah bergabung dengan fesbuk yang sudah sedemikian familiar, maka saya lebih suka mengulasnya sedikit. Ulasan sedikit ini bukanlah sama sekali untuk kepentingan iklan fesbuk tapi sekedar mengeluarkan apa yang ada dalam pikiran saya yang berkaitan dengan manfa’at teknologi informasi, tapi seandainya fesbuk mau membayar saya tak ada salahnya… hehehehe

Walaupun belum begitu lama bergabung dengan fesbuk, namun saya yakin beberapa alasan yang saya miliki dari pertanyaan mengapa saya menyukai fesbuk, juga ada pada para pengguna fesbuk lainnya. Topik yang saya ingin tonjolkan adalah penggunaan fesbuk dan mailing list untuk pertemanan.
Karena umumnya para pembaca sudah pernah tergabung dalam mailing list sebelumnya, maka saya yakin pula para pembaca tentunya sudah dapat sedikit membandingkan antara pertemanan lewat mailing list dan pertemanan melalui fesbuk.

Buat kita yang telah memiliki account di facebook dan sudah meng-upload foto kita, maka ketika membuka situs fesbuk dan beberapa saat setelah mengisi user name dan password, di layar monitor akan bermunculan gambar atau foto, baik itu foto kita sendiri ataupun foto dari teman-teman yang telah menuliskan ataupun mengupload sesuatu di fesbuknya. Inilah salah satu keunikan situs fesbuk ini, kita tidak hanya sekedar melihat nama teman, namun juga dapat melihat foto teman yang telah di upload.

Dengan bantual tool “pencarian” yang difasilitasi oleh fesbuk, kita dapat mencari nama-nama teman kita yang berkemungkinan ada di fesbuk. Untuk meyakinkan apakah betul nama yang muncul dari kolom pencarian itu adalah teman kita, dapat saja kita pastikan dengan melihat fotonya, walaupun pada kenyataanya kadang-kadang sulit dikenali karena saking kecilnya tuh foto hehehehe......, parahnya lagi terkadang gambar yang dilihat lebih besar backround-nya ketimbang gambar wajahnya…. :-)
Namun, bila yakin itu adalah teman, maka cukup dengan satu klik “add”, fesbuk akan mengkonfirmasikannya ke nama teman yang kita maksud. Dan perteman dalam fesbuk sesaat terjadi setelah teman yang dimaksud mengkonfirmasinya.

Album foto, video, catatan ataupun lainnya yang ingin dishare-pun dapat dengan mudah kita upload. Dan bila ada nama teman di fesbuk yang berada di foto/video/catatan tersebu kita masukkan (input) hanya dengan cara mencontreng nama teman kita tersebut, maka secara otomatis foto/video/catatan yang kita upload juga akan berada di profil teman-teman yang telah dicontreng.

Hal-hal diatas hanyalah beberapa fitur yang ada pada fesbuk yang dapat kita perdayakan. Namun menurut saya ada hal yang jauh lebih menarik, bila membandingkan secara lebih dalam lagi antara pertemanan dengan menggunakan mailing list dan pertemanan dengan mengguanankan fesbuk.

Pastinya di mailing list ada moderator atau owner-nya yang mengatur. Dan aturan itu antara lain adalah; "apakah mailing list tersebut bersifat terbuka atau tertutup", "siapa-siapa saja yang boleh menjadi member", "email-email apa saja yang boleh diposting" dan lain sebagainya dan lain sebagainya. Pada intinya yang ingin saya kemukakan adalah, hal-hal semacam itu telah diatur oleh pihak lain.

Tidak halnya dengan situs semacam fesbuk, yang mengatur adalah yang punya fesbuk itu sendiri. Dan teman di fesbuk (atau kalau boleh dikatakan sebagai member) dicari dan ditentukan sendiri, demikian juga hal-hal lain seperti diatas tadi.
Jadi yang mengatur adalah masing-masing individu itu sendiri yang memiliki account fesbuk.

Di mailing list tidak semua teman dapat kita gabung disatu tempat, artinya kita akan mengikuti banyak mailing list untuk setiap teman yang kita miliki, bila kita memiliki 4 kategori teman , misalnya teman SMP, teman SMA, teman kuliah dan temanKantor, maka dengan sendirinya kita harus mengikuti 4 mailing list dari ke-4 kategori tadi.
Beda halnya dengan di fesbuk, semua teman dari berbagai kalangan dapat kita satukan sesuai dengan keinginan kita.

Di fesbuk, bila telah menemukan satu teman, dan teman kita itu tenyata sudah memiliki daftar teman kita yang lain, maka dengan meng-klik dan meng-klik saja, kitapun dapat dengan mudah terhubung dengan teman-teman lain yang kita inginkan hanya membuka daftar teman dari fesbuk teman kita.
Dampak apa yang kita dapatkan dari cara begini, ya... tentu ! , dengan sendirinya teman-teman kita di fesbuk adalah orang-orang yang memang benar-benar kita kenal, dengan demikian hal ini akan membuat orang-orang saling berinteraksi di situs fesbuk ini akan mengeluarakan tulisan-tulisan yang sedapat mungkin menhindari timbulnya rasa sakit hati orang lain yang membacanya...

Hal lain yang menarik lagi dari fesbuk adalah sesuatu yang ada dalam benak pikiran kita dapat dengan mudah kita sharing, dan biasanya hal ini akan dikomentari oleh teman-teman kita yang lain dari berbagai kalangan.
Hal semacam layaknya seperti ngobrol (atau kalau boleh saya katakan "chatting" ) ke banyak teman lewat dunia maya.
Uniknya lagi hal seperti ini dapat dilakukan dengan menggunakan handphone yang tak perlu canggih, karena fesbuk sudah menyediakan layanan untuk dapat dibuka situsnya lewat handphone (m.facebook.com).

Itulah sekilas akan keunggulan situs semacam fesbuk ini, walaupun tentu saja masih banyak lagi keunggulan lain yang tidak diuraikan disini.

Saya tidak ingin mengatakan bahwa pertemanan dengan mailing list tidak ada apa-apanya lagi. Mailing list tetap saja bermanfaat untuk topik-topik tertentu yang tak perlu menampilkan gambar-gambar diri, dan membahas sesuatu yang lebih serius barangkali…..


Salam….

Palembang, 18 Mei 2009

by roel

Terimakasih untuk kunjungannya...
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar:

Post a Comment