Kegiatan Iptek bagi Masyarakat Dosen Universitas PGRI Palembang

Kewajiban seorang dosen selain melakukan Pengajaran/Pendidikan dan Penelitian, dosen juga harus melaksanakan Pengabdian Kepada Masyarakat. Ada banyak bentuk pengabdian kepada masyarakat yang dapat dilakukan oleh para dosen, salah satunya adalah Iptek bagi Masyarakat atau yang sering lebih sering disingkat dengan IbM. Kegiatan IbM ini sepenuhnya dibiaya oleh pemerintah melalui Kemenristekdikti. 

Pada tahun 2017, ketiga dosen FKIP Universitas PGRI Palembang dari berbagai Program Studi yaitu; Linda Lia, M.Pd (Dosen Program Studi Pendidikan Fisika), Miftha Indasari, M.Pd (Dosen Program Studi Pendidikan PGSD) dan penulis sendiri, Asnurul Isroqmi, S.T., M.Kom (Dosen Program Studi Pendidikan Matematika) melakukan kegiatan IbM di MI Al Ittifaqiah dan MI PIAT Kecamatan Indralaya. Pada pelaksanaan kegiatan ini turut dilibatkan 4 orang mahasiswa yaitu; Dwi Putra Rizki, Saroya Wulandari, Dea Tirsa Yolanda dan Rian Hidayat.

Kegiatan IbM ini ditujukan untuk memberikan keterampilan dasar bagi guru dalam pembuatan Weblog, Media Pembelajaran berbasis PowerPoint dan Penyusunan RPP yang dilaksanakan selama 8 bulan. Diharapkan dari kegiatan ini selain para guru dapat meningkatkan keterampilan mereka juga berdampak pada wawasan guru sehingga dapat memperbaiki mutu pendidikan di kedua madrasah  tersebut. 

Berdasarkan kesepakatan bersama antara pengusul dan mitra, maka program IbM ini akan dilaksanakan dalam bentuk pendampingan bagi guru MI Al Ittifaqiah dan MI PIAT dimana total keseluruhan peserta sebanyak 30 orang. Adapun metode pelaksanaan pendampingan tersebut akan dilaksanakan dalam 7 tahap, yang dilaksanank selama 8 bulan, dimulai dari bulan Februari 2017 samapai dengan Oktober 2017. Tahapan dapat dilihat pada gambar disamping berikut ini,

Rincian materi yang disampaikan pada kegiatan ini antara lain yaitu,  Pengenalan Internet dan mesin Pencari, Pembuatan e-mail, Pengenalan  Situs Blog, Praktik Pembuatan Weblog, Pengenalan PowerPoint, Praktik Pembuatan Media Pembelajaran, Pengenalan Model Pembelajaran, Prinsip Penysusunan RPP kurikulum 2013, Praktik Pembuatan RPP.

Rangkaian kegiatan tersebut telah dilaksanakan yang berakhir pada bulan Oktober 2017. Berikut video-video yang penulis buat dalam rangakain acara teresebut.



  













by roel

Terimakasih untuk kunjungannya...
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar:

Post a Comment