IMPLEMENTASI NILAI-NILAI KARAKTER DALAM PEMBELAJARAN PEMROGRAMAN KOMPUTER

Untuk membentuk generasi muda yang tidak hanya unggul namun juga berkarakter, maka upaya
pendidikan tidak hanya menekankan pada ilmu dan pengetahuan saja, namun juga pada pendidikan
karakter yang dimulai dari pendidikan anak usia dini sampai kepada perguruan tinggi.

Rahardjo (2010:16) menyatakan bahwa pendidikan karakter adalah suatu proses pendidikan yang holistic yang menghubungkan dimensi moral dengan ranah sosial dalam kehidupan peserta didik sebagai fondasi bagi terbentuknya generasi yang berkualitas yang mampu hidup mandiri dan memiliki prinsip suatu kebenaran yang dapat dipertanggungjawabkan. Sejalan dengan pernyataan ini, maka pendidikan karakter merupakan sesuatu yang sangat penting dalam membentuk generasi yang berkualitas, agar bangsa Indonesia tidak kehilangan jati dirinya seperti yang seringkali didengungkan oleh pemerintah akhir-akhir ini. 

Melalui pendidikan karakter diharapkan dapat dalam berbagai aspek yang dapat memperkecil dan mengurangi penyebab berbagai masalah budaya dan karakter bangsa, yang akhir-akhir ini sudah mulai luntur dari kalangan anak bangsa. Melalui pendidikan karakter juga diharapkan dapat terjadi transformasi yang dapat menumbuhkan dan mengembangkan karakter positif, serta mengubah watak yang tidak baik menjadi baik.



Lalu bagaimana hubungan antara pembelajaran mata kuliah pemrograman komputer dengan nilai-nilai karakter, untuk mengetahuinya silahkan dilanjutkan membaca artikel berikut dengan klik disini atau klik pada judul berikut.

by roel

Terimakasih untuk kunjungannya...
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar:

Post a Comment